Jumat, 10 Agustus 2012

Pulau Komodo


Mungkin tak banyak yang tahu bahwa ternyata pulau komodo menyimpan keindahan alam yang tak kalah dari daerah lain di Indonesia. Apalagi ini terlihat dari terpilihnya pulau komodo sebagai finalis kompetisi new 7 wonders beberapa waktu yang lalu.
Pulau Komodo adalah sebuah pulau yang terletak di kepulauan Nusa Tenggara. Pulau Komodo dikenal sebagai habitat hewan naga asli. Pulau ini merupakan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat. Pulau Komodo di pulau timur Sumbawa, dipisahkan dengan Selat Sape.
Secara administratif, pulau ini termasuk dalam Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Propinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Pulau Komodo merupakan ujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur, berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat.
Di Pulau Komodo, hewan komodo hidup dan berkembang biak dengan baik. Sampai Agustus 2009, di pulau ini ada sekitar 1.300 ekor komodo. Ditambah dengan pulau lainnya, seperti Pulau Rinca dan dan Gili Motang, jumlah mereka mencapai sekitar 2500 ekor. Ada juga sekitar 100 ekor komodo di Wae Wuul Cagar Alam di pulau daratan Flores, tetapi tidak termasuk Taman Nasional Komodo.
Selain komodo, pulau ini juga menyimpan berbagai flora eksotis yang kayu Sepang oleh masyarakat setempat digunakan sebagai obat dan pewarna pakaian, pohon nitak Sterculia oblongata di yakini atau berguna sebagai obat dan bijinya gurih dan enak seperti kacang polong.
Menurut sejarah, pada tahun 1910 Belanda bernama pulau di sisi selatan Nusa Tenggara Timur provinsi adalah julukan Pulau Komodo. Cerita ini dimulai dengan Broek Letnan Steyn van Hens yang mencoba untuk membuktikan pernyataan tentang kehadiran tentara Belanda hewan besar menyerupai naga di pulau itu. Steyn lantas membunuh naga dan membawa dokumentasinya ke Museum and Botanical Garden di Bogor untuk diselidiki.
Pulau ini juga terkenal dengan kadal komodo monitor, kadal terbesar di dunia. Sebuah predator waspada dan lincah dan pemulung yang dapat mencapai 2,5 meter dan 125 kg, mereka dikenal secara lokal sebagai 'Ora' dan sekarang sekitar 1.100 mendiami pulau dan sekitar setengah yang hidup di Pulau Rinca dekatnya.
Sama seperti pulau Derawan, Ada banyak tempat menyelam yang sangat baik di sekitar taman, banyak yang akan menjadi permata di mahkota tujuan menyelam lebih rendah tetapi jika kita harus membatasi highlights maka kita bisa melakukan tidak lebih baik dari untuk merekomendasikan kepada Anda:
Batu Cannibal - Tidak seperti situs menyelam Komodo banyak, ada sedikit jantung berhenti tindakan di sini, tetapi dalam hal warna dan aktivitas ada bintik-bintik lebih baik sedikit. Ada hanya begitu banyak terjadi di sekitar gunung ini laut: ungu gorgonia, anemon, karang spiral kuning dan putih dan apel laut yang bersama-sama membuat kerusuhan warna. Di lokasi dan sekitar ini tablo sessile bersemangat hidup segala macam kehidupan laut membuat malam menyelam di sini hanya awesome. Semua sinar sementara, kakap, bibir tebal dan penyu berkeliaran batu. Malam atau siang, Rock Cannibal inspirasi.
Dinding Kuning Of Texas - Satu lagi tanda tangan penyelaman Pulau Komodo National Park, Wall Kuning dinamakan demikian karena proliferasi teripang kuat - mereka semua tempat dan rona kuning terang mereka mendominasi vista. Tidak hanya dinding itu sendiri menjanjikan banyak di jalan hiburan tapi hiu, pari manta dan penyu semua sering lewat.
Gili Lawa - Ada beberapa lokasi penyelaman di sekitar Gili Lawa Laut dan Gili Lawa Darat. Kristal Bommie adalah puncak terendam dengan tindakan sekolah besar. Castle Rock adalah situs lain yang terbuka dengan hiu, selar dan bahkan lumba-lumba secara teratur terlihat. Ayat ini dapat menjadi situs yang besar untuk manta ray dan sinar mobula dan juga membuat menyelam malam yang menakjubkan. Ini bukan tempat menyelam yang paling teratur dikunjungi di Komodo, tetapi ketika kondisi benar, mereka dapat menampilkan beberapa yang membuat diving di sini begitu istimewa.
GPS Point - Seringkali digembar-gemborkan sebagai puncak Komodo menyelam, situs ini adalah salah satu tempat arus dapat ikut bermain. Arus biasanya berarti ikan dan di sini Anda dapat bertemu dengan tuna banyak, barakuda, Napoleon dan berbagai ikan hiu, bahkan mungkin termasuk martil. Yang dangkal penuh dengan kehidupan makro hidup di antara karang lunak dan staghorns mana Anda dapat memeriksa ketika kondisi tenang. Hal ini biasanya menyelam tinggi adrenalin yang mendominasi percakapan bersemangat saat kembali di forum Anda Komodo liveaboard.
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar anda sangat bermanfaat untuk blog kami dan juga pengunjung blog ini

RECENT COMMENTS