Senin, 17 September 2012

Cara Mengurus Sendiri Perpanjangan STNK di SAMSAT

Kali ini tema postingan saya adalah tentang CARA MENGURUS SENDIRI PERPANJANGAN STNK DI SAMSAT. Ini merupakan Pengalaman pribadi saya ketika saya mengurus perpanjangan STNK motor kesayangan saya, tepatnya di Kantor Bersama SAMSAT. 
 
Berikut Cara Perpanjang STNK di SAMSAT :



SYARAT-SYARAT YANG PERLU DIPERSIAPKAN UNTUK PERPANJANGAN STNK :
  1. BPKB Asli ;
  2. STNK Asli ;
  3. Kartu Identitas Asli (KTP/SIM/KTM) ;
  4. Foto Copy BPKB ;
  5. Foto Copy  STNK ;
  6. Foto Copy  Kartu Identitas
Note:
Di Kantor SAMSAT biasanya ada warung FotoCopy. Temen-temen tinggal siapkan saja Berkas Asli (point 1 - 3), nanti Si Pemfoto Copy sudah paham dan cekatan. STNK, BPKB, IDENTITAS di FOTOCOPY bareng jadi satu lembar, trus dipotong-potong & diklip jadi satu lagi. Mudah banget dan praktis banget. Tinggal bilang kepada tukang foto copy "Mas/Mbak buat syarat Perpanjang STNK ya ..." dah gitu aja bos.

Berikutnya.... ketika syarat sudah dipersiapkan, segera masuk dalam ruang/gedung SAMSAT, nah disitu temen-temen harus mengurutkan langkah-langkahnya sebagai berikut:

1.  Cari Loket I ( Pendaftaran )
Disini temen-temen menyerahkan berkas-berkas/persyaratan yang telah saya tulis diatas. Tunggu sejenak sebentar, karena BPKB asli langsung dikembalikan ketika petugas sudah mencocokan data sesuai BPKB asli dengan Foto Copy-nya.

2.  Duduk Ruang Tunggu Untuk Menunggu Panggilan untuk Pembayaran
Di sesi ini temen-temen tidak usah kuatir akan lama prosesnya. Perpanjangan STNK yang saya alami di SAMSAT  SANGAT CEPAT SEKALI. Kalau semua dokumen tidak bermasalah maka kita hanya menunggu ± 5 menit saja.

3.  Membayar Sesuai Pajak Kendaraan di Loket II / III
Temen-temen membayar pajak STNK sesuai dengan jenis kendaraan masing-masing. Kebetulan motor saya Vixi tahun 2010 kena/membayar Rp 255.000. Untuk Vario Rp 225.000. Dan motor yang lain bisa disesuaikan bergantung CC dan tahun produksi kendaraan tersebut.

4.  Duduk Ruang Tunggu Untuk Menunggu Panggilan untuk Pengambilan STNK
Nah disini temen-temn hanya membutuhkan waktu ± 3 menit saja. Karena pada sesi ini setelah saya membayar di loket III, baru mau balas sms aja, eh udah di panggil untuk pengambilan STNK. mantaph dah pelayanannya.
 
5. Ambil STNK di Loket IV
Akhirnya klar juga mas bro. Disesi ini tugas anda untuk memperpanjang STNK sudah selesai. Mudah bukan? Cepat singkat dan woooooow. 

Nah, ulasan diatas semoga membantu temen-temen semua yang ingin mengurus perpanjangan STNK sendiri tanpa melewati Biro atau Calo.
 
 

24 komentar:

  1. Klo saya mau ngurusin stnk mobil adik saya bisa ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa aja Gan, tinggal melengkapi dengan asli dan foto copy KTP adik Agan dan kalau perlu disiapkan juga surat kuasa untuk pengurusannya. Terima kasih telah bergabung di situs LIBHRA

      Hapus
  2. numpang tanya pak,klo sy mo perpanjang tp blom ada bpkb nya bisa ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesuai dg.Peraturan Kapolri Nomor 5 Tahun 2012 Tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor
      Pasal 83 ayat (1) Persyaratan pengesahan STNK sebagaimana dimaksud dalam Pasal 78 ayat (1)huruf f meliputi:
      a. mengisi formulir permohonan;
      b. melampirkan tanda bukti identitas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 79
      huruf b;
      c. STNK; dan
      d. keterangan buka blokir dalam hal STNK berada dalam status blokir;
      Demikian semoga bermanfaat

      Hapus
  3. Pak, kalau lewat calo, apakah perlu untuk memberikan bpkb asli kepada si calo?

    BalasHapus
    Balasan
    1. BPKB sangat diperlukan ketika mengurus perpanjangan STNK,jika mas Ben berencana mengurusn perpanjangan STNK melalui jasa pihak ketiga maka sebaiknya memilih biro jasa yang representatif karena nanti setiap penyerahan berkas atau dokumen kendaraan pasti ada tanda terimanya

      Hapus
  4. mas brro mau tnya..kalo mau perpanjank stnk tp motor atas nma orng lain bsa ngk..aly sya gk punya fto copy ktp pemilik yg prtma??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas atensi mas Bro, memperpanjnag STNK Tanpa KTP pemilik pertama tidak bisa, permasalahan seperti tidak adanya KTP pemilik pertama saat perpanjang STNK akan menjadi hal yang sangat rawan. Dilapangan mungkin sering kita dengar istilah tembak KTP, namun kalu boleh saya sarankan "jangan" melakukan hal tersebut, mending keluar biaya daripada dibelakang timbul masalah yang malah merepotkan mas Bro. Apabila tidak ada KTP pemilik pertama harus di balik nama, persyaratanya mudah koq : Kendaraan di cek fisik dilampirkan STNK, BPKB, Kwitansi pembelian dan KTP (akan dibalik nama kepada siapa). Terima kasih

      Hapus
  5. Pak kalau perpanjang stnk plat B tap di perpanjang di samsat cilegon bisa tidak?terima kasih

    wahyu

    BalasHapus
  6. Pak, numpang tanya bagaimana dengan nomor plat yang harus diurus utk perpanjangan 5 tahunan? trmksh.

    BalasHapus
  7. Bisa asal ada surat rekomendasi dari Kantor SAMSAT dimana STNK tersebut diterbitkan. Untuk itu dapat berkoordinasi dengan Kantor SAMSAT setempat

    BalasHapus
  8. maaf mas saya mau tnya klo mau perpanjang stnk mobil bos saya nama,tgl,bulan,thn lahir sama tp beda alamat bisa ga?ktp yg lama seblum pindah udah ga ada apa bisa diperpanjang tnpa syarat lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika alamat STNK berbeda dengan alamat KTP, kita tidak dapat memperpanjang STNK. Oleh karena itu kita harus melakukan penyesuaian alamat yang tertera di STNK dengan alamat yang tertera di KTP (pindah alamat). Ada 2 tahap yang bisa ditempuh yaitu pindah alamat STNK (prosesnya dilakukan di Samsat) dan pindah alamat BPKB (prosesnya dilakukan di Polda)

      Hapus
  9. Mas, klo ngurus stnk d luar daerah bisa ga? Contoh, pembelian motor d pulau jawa tp ngurus stnk d bali? Trimakasih sblmnya..

    BalasHapus
  10. makasih infonya ya… saya mau prepare buat perpanjangan STNK 5 tahunan untuk bulan september 2013 besok. udah deg2an dulu. soalnya saya & motor saya di jakarta, sementara perpanjangan motornya di surabaya. emang ga bisa yah perpanjangan 5 tahunnya bkn di kota asal kita beli motornya? lalu bagaimana prosedur & berapa biaya yang dibutuhkan? Terimakasih

    BalasHapus
  11. pak.. mau tanya yah.. klu perpanjang stnk motor tp alamat rumah di ktp sudah beda ama di bpkb gimana??

    BalasHapus
  12. Pak perpanjang STNK dgn KTP baru itu bs apa tdk pak?krn KTP lama mau ganti karena sekarang KTP nya ikut suami otomatis beda sm yg diSTNK?terima kasih

    BalasHapus
  13. Siang pak sangat bermanfaat penjelasannya. yang saya tanyakan, kalau sudah ada KTP orang pertama dan saya yang melakukan perpanjangan ke samsat, apa memerlukan surat kuasa??? saya masih kurang paham. mohon pencerahannya terima kasih..

    BalasHapus
  14. maaf pak saya mau tanya, kan saya beli motor di jakarta atas nama saudara saya, karena KTP saya KTP jawatimur, kalau misalkan mau balik nama apa saya bisa menggunakan KTP jawatimur? terimakasih pak

    BalasHapus
  15. mas kalau saya ingin memperpanjang stnk tapi stnk asli dan ktp aslinya hilang mas, yang ada hanya fotocopy saja dan bpkb aslinya .. apakah masih bisa diurus mas

    BalasHapus
  16. gimana kalau KTP nya masa berlakunya sudah kadaluarsa

    BalasHapus
  17. oya pak bisa gk kita samsat 2 minggu atau 1 bulan sebelum jatuh tempo?

    BalasHapus
  18. muja rakyat nii6 Juni 2014 10.33

    pak saya mau tanya gimana cara urus stnk yang ke blokir tpi bukan nma pribadi melainkan nma koprasi dan bpkb nya masih di leasing, soalnya sya mau ngurus kok sulit

    BalasHapus
  19. pak bagaimana cara perpanjang STNK tanpa KTP aslinya?
    saya mau perpanjang STNK motor adik saya tp berhubung orangnya ada d pulau berbeda jd KTP nya ga ada..
    Trma kasih pa..mohon infonya..

    BalasHapus

Komentar anda sangat bermanfaat untuk blog kami dan juga pengunjung blog ini

KOMPAS.com - Nasional

news.detik

ANTARA News - Berita Terkini

Liputan6 - Aktual Tajam dan Terpercaya: RSS 0.92

Sindikasi techno.okezone.com