Sabtu, 28 Juli 2012

HIPNOTERAPI

Hipnoterapi pertama kali diperkenalkan pada tahun 1734 - 1815 Oleh Dr. Frans Anton Mesmer di Viena Austria, dimana awal pertama kali hipnoterapi diterapkan untuk penyembuhan psikoterapi, mencegah timbulnya gangguan kesehatan (Prevention of Diseases), peningkatan taraf kesehatan (Health promotion) serta untuk upaya rehabilitasi lainya.
Dr.Frans Anton Mesmer memperkenalkan Animal Magnetism atau mesmerism yang dianggap sebagai cikal bakal lahirnya hipnotis modern, Energi magnetis adalah energi universal yang ada pada setiap benda termasuk tubuh manusia, sehingga menurut Dr. Frans Anton Mesmer bahwa timbulnya suatu penyakit manusia disebabkan karena energi magnetis tubuhnya tidak seimbang.
 
Di Amerika Serikat, Hipnoterapi sudah sangat diakui sebagai salah satu alternatif penyembuhan yang telah teruji kebenaranya, sehingga pemerintah amerika serikat telah mengakui hipnoterapi adalah salah satu cara yang paling efektif untuk penyembuhan berbagai penyakit yang di sebabkan oleh faktor psikis (pikiran), dimana hasil riset menyatakan bahwa 70% penyakit fisik disebabkan karena faktor psikis yang tidak seimbang.
Di Indonesia juga sudah mulai berkembang. Dan di perguruan tinggi FKUI Medical Hipnotis sudah menjadi seminar resmi bagi para calon psikiater FKUI, Sedang di RSPAD Gatot Subroto sebagai pusat hipnosis kedokteran pertama di indonesia, menerapkan hypnodonsi (Dental Hypnosis) untuk para dokter Gigi serta para psikiaternya, bahkan di Beberapa Perguruan Tinggi negeri Untuk Fakultas psikologinya sudah memberikan kurikulum resmi Hipnoterapi bagi mahasiswanya. Jadi jangan takut untuk mencoba manfaat & Dasyatnya Hipnoterapi.
CARA KERJA HIPNOTERAPI
Metode Hipnoterapi di awali dengan mengkondisikan pasien masuk dalam kondisi Hipnosis, dimana pada kondisi hipnosis, si pasien masuk dalam fase Relaksasi (Seperti Orang Tertidur) sebelum dilakukan terapi inti. Hipnoterapi bekerja pada Pikiran bawah sadar (Alpha/Tetha State) manusisa. Untuk membangkitkan/masuk ke pikiran bawah sadar manusia maka seorang Hipnoterapist harus mampu menembus Critikal Mental (Recticular Activation System) si pasien. Dengan terbukanya Critical Mental Si Pasien maka dengan mudah hipnoterapis bisa berkomunikasi dengan Pikiran bawah sadarnya. Dengan cara berkomunikasi dengan pikiran bawah sadarnya maka Seorang Hipnoterapis bisa mengetahui gangguan kesehatan kesehatan si pasien. Rekaman Pikiran Bawah sadar yang salah atau keliru bisa diperbarui (di Re-frame) dengan memberikan sugesti/Afirmasi yang positif. Sugesti ini diberikan secara terus menerus (dengan tepat) sehingga keadaan dimana rekaman bawah sadar yang keliru akan menghilang / tertimpah dengan sugesti yang positif. Jadi bisa dibilang cara kerja Hipnoterapi adalah "bermain-main" di "piranti lunak/software" dalam tubuh manusia.
Dari pengalaman saya dan guru2 hipnoterapi saya, bahwa tingkat keberhasilan sugesti positif pada pasien berbeda masing-masing orang. Tergantung berat ringanya masalah yang diderita, serta kemauan/keinginan untuk sembuh dari dalam diri pasien. Proses penyembuhan dengan hipnoterapi terkadang bisa langsung sembuh dengan sekali terapi, tetapi untuk kasus yang berat perluh beberapa kali terapi, misalnya untuk kasus kecanduan Narkoba, kecanduan rokok sangat berat, atau penurunan berat badan. Perlu dilakukan beberapa kali terapi, berapa lamanya.....?, itu tergantung kondisi dan keinginan pasien. Untuk mempercepat proses penyembuhan, si pasien harus pro-aktif dan harus mempunyai kemauan yang kuat untuk sembuh. Seorang Hipnoterapi hanya berperan sebagai fasilitator/mind navigator. Pasien harus berperan sebagai subyek yang aktif. Agar proses hipnoterapi bisa tepat sasaran pasien harus betul-betul memahami maksud dan tujuan hipnoterapi. harus ada kesepakan antara pasien dengan seorang hipnoterapi, karena sebenarnya yang paling tahu kondisi masalah yang di deritanya adalah si pasien itu sendiri.
TERAPI DIRI SENDIRI (SELF HIPNOSIS)
Selain dilakukan oleh terapis, hipnoterapi juga bisa dilakukan untuk penyembuhan diri sendiri atau self healing. Sebenarnya beberapa penyakit sumbernya dari pikiran kita. Ramalan diri sendiri atau sugesti hipnosis seringkali menjadi nyata karena pikiran kita yang memasukkan sugesti dalam proses pemikiran. Seperti saat kita kehujanan, di dalam pikiran kita akan tersugesti, bahwa saya akan sakit kepala atau pusing karena kehujanan. akibatnya tubuh kita benar-benar mengalami sakit kepala. Padahal jika ditanamkan sugesti bahwa saya akan sehat, bahwa saya akan baik-baik saja maka yang akan terjadi juga baik-baik saja dan sakitpun tidak akan datang. Fenomena ini yang disebut oleh pengobatan dunia medis barat sebagai efek Plasebo.
Banyak penyakit bisa di sembuhkan dengan "AUTOHYPNOSIS", berdasarkan pengalaman saya pribadi dan guru hipnoterapi saya seperti Yan Nurindra (IBH), Arifin Yoshodarmo (IBH) maupun Kirdi Putra (HTTI), mengatakan bahwa ketergantungan narkoba, stres, vertigo, insomnia, phobia, migran, hingga menguruskan berat badan bisa disembuhkan dengan Autohyposis. Pada Kondisi orang sehat Autohypnosis juga bisa digunakan untuk menangkal rekaman negatif, mencegah timbulnya penyakit dan meningkatkan daya tahan tubuh. ketika tercapai kondisi badan yang sehat, daya tahan tubuh juga meningkat dan badan menjadi tidak mudah sakit. kemampuan Autohypnosis bisa dipelajasi dengan ikut pelatihan hipnoterapi. dengan anda ikut pelatihan hipnoterapi anda bisa melakukan proses Autohypnosis.
Hypno-EFT...apakah itu...?
Mungkin pembaca sudah banyak tahu atau paling tidak sudah pernah mendengar tentang hipnoterapi dan EFT (Emotional Freedom Therapy), Namun Hypno-EFT mungkin anda baru mendengar atau sudah tahu tapi belum mendalami/mempelajari secara lebih mendalam. Disini saya akan jelaskan apa itu Hypno-EFT.....?
Hypno-EFT dikembangkan oleh para ahli dan praktisi dibidang Hipnoterapi dan EFT, dimana Hypno-EFT adalah perpaduan dua unsur Ilmu yang luar biasa dasyat yaitu ilmu hipnoterapi dan EFT, sehingga Hypno-EFT selangkah lebih maju dan jauh lebih dasyat daya kerjanya, Tehnik ini diindonesia dikembangkan Oleh salah satu pakar Hipnoterapi dan Maind Programing Yaitu bapak Adi W.Gunawan.
Hypno-EFT telah terbukti mampu mengatasi berbagai masalah terutama yang berhubungan dengan atau disebabkan oleh EMOSI. dalam hal ini emosi yang dimaksud adalah emosi yang mengganggu hidup kita, Misalnya :
  • Malu
  • Benci, Iri/Dengki
  • Khawatir/Cemas
  • Marah
  • Takut, Ngeri
  • Kesedihan mendalam/Depres
  • Apatis/Putus asa/Frustasi
  • Perasaan bersalah
  • Dendam
  • Kesepihan
  • Ketidakpuasan
  • Terluka/Sakit Hati
  • Kecewa
  • Jijik
  • Perasaan mengganjal/Tidak enak dalam enak
Hypno-EFT disamping sangat efektif untuk penyembuhan atau menghilangkan perasaan/emosi negatif, ternyata juga bisa digunakan untuk menyembuhkan masalah Psikosomatis. Bisa juga untuk mengatasi kebiasaan buruk, seperti merokok, phobia, traumatik, Latah, makan berlebihan, suka menunda-nunda pekerjaan dan masih banyak lagi.
Hypno-EFT dapat gunakan terapi terhadap berbagai macam masalah baik yang berupah fisik maupun psikis, contoh: jika seseorang sering mengalami sesak nafas dan bahkan saking sakitnya terasa sampe kepunggung dan leher, dan sudah berobat ke dokter dan berbagai macam terapi namun belum ada hasil yang maksimal, sehingga kesimpulan bahwa penderita mengalami gangguan PSIKOSOMATIS dimana karena faktor psikis menyebabkan gangguan terhadap FISIKnya. Dengan terapi dengan Hypno-EFT sekitar 10 menit dan dianjurkan untuk diulang-ulang serta sekaligus bagaimana cara terapi untuk diri sendiri ternyata hasilnya dasyat dan luar biasa, dengan tiga kali putaran InsyaAllah sesak nafas yang dideritanya bertahun-tahun kini berangsur dan perlahan-lahan hilang dan sampe akhirnya tidak merasa sesak nafas lagi. SubhanALLAH.... Allhamdulillah...
Disamping Masalah Fisik, Terapi ini sebagai salah satu dapat mengurangi kebiasaan kurang baik seperti Merokok, karena di pikiran bawah sadarnya tertanam bahwa merokok itu bisa bikin lebih percaya diri, lebih macho, lebih bisa bikin pikirang tenang dan lain sebagainya dan masih banyak alasan yang lain. namun dengan terapi dengan Hypno_EFT tidak kurang dari 10 menit dan diulang sebanyak 3 kali, si perokok mengatakan kalo rokok itu tidak enak dan bikin dia batuk pusing dsb, artinya kita dapat membuat pikiran bawah sadar berkerja lebih positif dan memerintahkan hormon-hormon berkerja menolak zat-zat aditif yang buruk supaya tidak masuk dalam tubuh, ..SubhanALLAH.
Keberhasilan dan Efektifitas tehnik Hypno-EFT sama sekali tidak dipengaruhi oleh berapa lama seseorang mengalami masalah tsb, Mungkin masalah yang dialami sudah 10 tahun bahkan ada yang sudah 35 tahun, bukan sulap dan bukan sihir masalahnya bisa lenyap dalam sekejap yang tidak pernah kita pikirkan sebelumnya, bahkan si penemu EFT (Emotional Freedom Therapy) yaitu Mr. Gary Craig dari amerika mengatakan dalam bukunya bahwa tehnik EFT ini bisa digunakan berbagai macam masalah/penyakit terutama yang berhubungan dengan psikis, dan bahkan Hypno-EFT ini bisa digunakan terapy jarak jauh.
Dalam suatu diseminar pernah juga dipraktekkan bagaimana Hypno-EFT ini bisa menyembuhkan orang yang phobia terhadap ular dan ternyata cuman dalam 5 menit si Orang tsb sembuh dari ketakutanya terhadap Ular. woow..Dasyat...!,
Sebelum menjelaskan EFT, saya akan jelaskan secara singkat apa itu hipnoterapi, Hipnoterapi adalah terapi pikiran bawah sadar menggunkan tehnik hipnosis dan bagi anda yang bermintat mendalami hipnoterapi anda bisa mengikuti dikelas hipnosis/hipnoterapi yang diadakan dengan standard dan sertifikat IBH (Indonesian Board Of Hypnotherapy). Sedangkan EFT (Emotional Freedom Therapy). tehnik ini dikembangkan oleh Dr. Gary Craig dimana tehnik ini mirip dengan akupuntur, Bedanya kalau akupuntur menggunakan jarum untuk menstimulasi titik-titik energi yang menyebar dijalur meredian, EFT menggunakan jari untuk mengetuk titik-titik energi ini dengan jumlah ketukan dan urutan tertentu, mungkin bagi anda yang biasa atau pernah TOTOK WAJAH maka EFT ini hampir mirip, cuman bedanya kalo totok wajah titik energi hanya disekitar wajah.
Emotional Freedom Technique

Langkah 1 – Set Up
Sambil mengetuk titik 12 atau menekan dan memutar-mutar titik 0, katakan/Afirmasi: ”Meskipun saya........(masalah), dan segalah sesuatu yang berhubungan dengan......(masalah), saya menerima dan menghargai diri saya seutuhnya, dan memutuskan untuk melepaskan semua emosi negatif ini sekarang dan sekaligus demi kebaikan dan kemajuan hidup saya”
Sebagai Contoh afirmasi :
”Meskipun saya tidak percaya diri dalam menjual, dan segalah sesuatu yang berhubungan dengan menjual, saya menerima dan menghargai diri saya seutuhnya, dan memutuskan untuk melepaskan semua emosi negatif ini sekarang dan sekaligus demi kebaikan dan kemajuan hidup saya”
Sebagai Contoh afirmasi yang menambahkan dimensi spiritual:
”YA ALLAH, Meskipun saya tidak percaya diri dalam menjual, dan segalah sesuatu yang berhubungan dengan menjual, saya menerima dan menghargai diri saya seutuhnya, dan memutuskan untuk melepaskan semua emosi negatif ini sekarang dan sekaligus demi kebaikan dan kemajuan hidup saya. Saya yakin dan percaya, berkat kemurahan, anugerah, dan kekuatan yang engkau limpahkan kepadaku, semuah masalah ini berhasil saya atasi dengan cepat, mudah dan permanen”
Langkah 2 - Tapping
Mengetuk titik 1 – 12, masing-masing 7-9 ketukan, sambil mengatakan ”Masalahya apa” atau cukup dengan membayangkan masalahnya apa..? atau jika anda seorang muslim bisa mengucapkan ”Saya Pasrah, saya Ikhlas”
Langkah 3 – Gammut Procedure
Mata menatap ke depan sambil mengetuk titik 13 terus-menetus dan melakukan:
  1. Pejamkan mata, buka mata
  2. Melirik ke kanan bawah
  3. Melirik ke kiri bawah
  4. Putar mata searah jarum jam
  5. Putar mata berlawanan arah jarum jam
  6. Berguman “happy birthday to you”
  7. Hitung dengan suara “satu dua tiga empat lima”
  8. Berguman lagi “happy birthday to you”
  9. Berguman lagi “happy birthday to you”
Langkah 4 – Ulangi Tapping Seperti Langkah 2
Kemudian tarik nafas yang dalam dan hembuskan. Dan jika anda muslim katakan ”Alhamdulillah” atau anda non muslim ” Puji tuhan”
Untuk penyembuhan jarak jauh
Niatkan untuk menjadikan tubuh Anda sebagai wakil dari orang yang ingin Anda sembuhkan. Selama proses pengobatan, fokuskan perhatian pada orang yang diobati. Kemudian lakukan EFT seperti biasa. Anda bisa menyembuhkan orang lain dari jarak jauh tanpa diketahui oleh orang lain yang Anda sembuhkan.
  • Rilekskan tubuh dan pikiran Anda, biarkan diri Anda hening.
  • Bayangkan seolah-olah Anda menjadi (merasuki tubuh) orang yang ingin Anda sembuhkan.
  • Lakukan EFT seperti biasa. Gunakan kata ”saya”, karena Anda menjadi orang yang Anda sembuhkan.
MANFAAT DAN KERUGIAN HIPNOTERAPI
Kelebihan Hipnoterapi adalah murah, mudah dan cepat. Salah satunya karena bisa dilakukan sendiri. Hipnoterapi juga sangat efektif untuk penyembuhan berbagai macam penyakit/masalah yang berhubungan dengan psikis (pikiran). Hipnoterapi juga aman tanpa adanya efek negatif seperti ketergantungan atau efek negatif seperti pemakaian obat yang bisa menyebabkan alergi, atau mengendapnya bahan kimia tertentu yang tidak terurai dalam tubuh. Walaupun relatif aman hipnoterapi juga mempunyai efek samping. Dimana pada beberapa pasien bisa menimbulkan "Abreaksi". Yaitu suatu keadaan dimana pasien keluar dari rekaman bawah sadarnya secara serentak. Akibatnya bisa menimbulkan rasa kekesalan atau kesedihan secara berlebihan. reaksinya pasien bisa tidak terkendali, namun kondisi ini biasanya tidak berlansung lama dan bisa dikendalikan oleh terapis dengan baik. Jadi Hipnoterapi pada dasarnya sangat aman bila dilakukan dengan pemahaman dan metode yang tepat. saran saya ikuti dan belajarlah hipnoterapi pada orang yang memang betul-betul sudah menguasai dengan benar.

Sumber : Iswara

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar anda sangat bermanfaat untuk blog kami dan juga pengunjung blog ini

RECENT COMMENTS