Kamis, 09 Agustus 2012

Tips Merawat Radiator Mobil

Jumlah air pendingin yang bersirkulasi didalam Radiator dan ruang mesin berkisar antara 4 ~ 8 liter tergantung jenis dan kapasitas mobil anda. Semakin besar CC-nya, semakin banyak pula jumlah air pendinginnya. Jika sebelumnya anda mengisi Radiator mobil anda dengan air tanah/ mineral, maka segera kuras dan bilas seluruh air yang ada di ruang radiator dan mesin, langkah-langkahnya sebagai berikut :

Langkah 1.
Buka petutup lubang pengisian Radiator bagian atas, selanjutnya buka drainage plug Radiator ( terbuat dari plastik berulir dengan handle berbentuk kupu-kupu/ kupingan ), terletak di bagian kanan/kiri bawah Radiator dan sisi bagian dalamnya. Tidak perlu alat khusus untuk membukanya, cukup dengan tangan. Atau kalau susah bisa pakai bantuan tang jepit. Air Radiator akan terkuras lewat lubang ini.

Langkah 2.
Setelah air terkuras semua, sebenarnya masih ada sisa air yang masih terjebak di ruang mesin ( 1 ~ 2 liter ), anda harus membilasnya. Tutup drainage plug Radiator, isi Radiator dengan air aki “TUTUP BIRU” hingga penuh ( lubang pengisian Radiator jangan ditutup, untuk mengetahui jika ada kekurangan air akibat udara yang terjebak di dalam mesin dan baru keluar saat mesin dijalankan, tambahkan air jika berkurang), nyalakan mesin anda hingga mencapai suhu ideal, pada suhu ini TERMOSTAT baru akan terbuka dan air bisa bersirkulasi sempurna dari ruang mesin ke Radiator, biarkan mesin menyala hingga +/- 15 menit, matikan mesin dan biarkan agak dingin, kuras air seperti langkah no.#1, anda bisa mengulangi langkah no. #2 sebanyak sekali atau 2 kali lagi jika perlu.

Langkah 3.
Setelah yakin bahwa ruang mesin, Radiator dan jalur sirkulasinya cukup bersih dari air mineral/tanah, tutup drainage plug dengan kekencangan secukupnya, lebih baik lagi jika drainage plug dililit seal tape dulu sebelumnya untuk menghindari rembesan pada plug tersebut. Isi Radiator dengan air aki “TUTUP BIRU” plus Radiator Coolant, atau isi dengan Radiator Coolant siap pakai ( tanpa mencampur dengan air lagi), nyalakan mesin anda, tambahkan air jika berkurang. Tutup lubang pengisian Radiator.  


Sumber : serayamotor.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar anda sangat bermanfaat untuk blog kami dan juga pengunjung blog ini

RECENT COMMENTS