Kamis, 09 Agustus 2012

Tips Merawat Rem Mobil

Tips dan cara merawat rem mobil penting untuk anda ketahui bagi yang memiliki mobil. Karena Rem adalah salah satu komponen terpenting pada mobil yang berfungsi sebagai alat untuk menahan laju mobil anda. Kondisi rem pada mobil anda bisa saja tergantung pada cara anda untuk merawatnya. Apabila anda mengabaikan perawatan rem mobil ini maka bisa jadi kinerjanya tidak optimal. Dan hal ini tentu saja bisa mengancam keselamatan pengendara dan orang lain di sekitar anda. Seperti beberapa kasus kecelakaan yang terjadi akibat rem blong.

Rem mobil juga tergantung dari cara kita mengemudikan mobil dan kondisi dijalan raya yang semakin macet dari hari ke hari. Untuk perawatan rem mobil ini sendiri sebenarnya tidak terlalu sulit asalkan kita tahu cara merawat rem mobil yang baik dan benar. Meskipun sebenarnya merawat rem mobil yang dilakukan sendiri sedikit repot karena anda harus melepas keempat roda mobil anda. Pada rem mobil terdapat dua jenis Disk Brake dan tromol.
Berikut ini beberapa tips merawat rem mobil

Setiap seminggu sekali anda wajib untuk memeriksa kondisi minyak rem agar tidak kosong. Apabila terjadi pengurangan minyak rem dari batas minimal sebaiknya di cek apakah terjadi kebocoran pada saluran/selang minyak rem mobil anda. Karena pada kondisi normal, pengurangan minyak rem mobil tidak terjadi dengan cepat. Minyak rem mobil berkurang seiring dengan semakin menipisnya kanvas rem mobil. Rekomendasi dari produsen mobil, umumnya minyak rem harus diganti setelah mencapai 40.000 km atau sekitar 2 tahun. Tetapi ini berlaku untuk pemakaian mobil pada kondisi normal. Tetapi jika kinerja rem mobil berat atau frekuensi penggunaan rem mobil tinggi akibat jalan yang macet maka sebaiknya diganti lebih cepat untuk lebih jelasnya konsultasikan dengan bengkel langganan anda.


1. Untuk rem cakram : Selanjutnya lepas kampas rem/pad dari dudukannya dan gunakan ampelas kasar, kuas atau sikat untuk membersihkan permukaanya. Lalu gunakan pembersih karbon yang khusus rem atau biasa disebut (Brake Cleaner) atau jika ingin irit bisa juga dengan menggunakan bensin. Setelah itu berikan stempet, gemuk atau pelumas di besi penahan pada bagian belakang kampas rem. Hal ini harus dilakukan dengan hati-hati jangan sampai terkena pada permukaan kampas rem yang bersinggungan langsung dengan cakram. Setelah itu anda bisa pasang kembali kampas rem. 

2. Untuk rem tromol : Lepaskan dulu tutup tromolnya. Setelah itu langkah yang harus dilakukan sama seperti membersihkan pada rem cakram dengan menggunakan amplas atau cairan khusus pembersih rem. Lalu pasang kembali tutup tromol sesuai dengan keadaan semula.




Itulah tips dan cara merawat rem mobil jika anda ingin mengerjakannya sendiri. Namun jika anda masih ragu dengan keakuratan hasil kerja anda memang sebaiknya merawat rem mobil diserahkan ke ahlinya di bengkel langganan anda. 


Sumber : otomotif.web.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda sangat bermanfaat untuk blog kami dan juga pengunjung blog ini

RECENT COMMENTS