Sabtu, 20 April 2013

KAMERA DIGITAL


Kamera digital adalah alat untuk membuat gambar dari obyek untuk selanjutnya dibiaskan melalui lensa pada sensor CCD, kemudian ditampung pada sensor BSI-CMOS (Back Side Illuminated) sensor yang lebih irit daya untuk kamera yang lebih canggih yang hasilnya kemudian direkam dalam format digital ke dalam media simpan digital.
Kamera digital adalah kamera yang tidak tergantung pada film negative (klise). Pada kamera digital, peran film negative diambil oleh sebuah chip berebentuk kartu kecil yang berfungsi untuk menyimpan hasil pemotretan. Ada dua tipe cip yaitu CCD (Charge Coupled device) dan CMOS (complementary metal oxide semiconductor). Cip berfungsi menangkap cahaya dari luar melalui lensa dan mengubahnya menjadi electron-elektron sehingga membentuk gambar digital. Kelebihan dari kamera ini adalah hasil pemotretan dapat langsung dilihat pada layar monitor yang terletak di bagian belakang kamera. Jika gambar yang diambil tidak sesuai dengan yang diinginkan, bisa langsung dihapus. Biasanya kamera digital juga dilengkapi dengan fasilitas zoom yaitu pengaturan perbesaran objek yang akan diambil tanpa harus mendekatkan kamera ke objek, serta pengaturan terang gelap lampu blitz.
Kemampuan kamera digital diukur dalam megapixel, yaitu kemampuan kamera untuk menangkap objek. Makin besarnya angka, berarti makin detaik gambar yang dihasilkan sehingga kualitas gambar makin tajam. Untuk kamera digital dengan kemampuan 1 megapixel misalnya objek yang dapat diambil hanya seukuran kartu pos. untuk kamera dengan kemampuan 2-3 megapixel, gambarnya bisa dicetak dari mulai ukuran 8 x 6 inchi sampai 10 x 8 inchi. Untuk kamera dengan kemampuan 4 -6 megapixel, gambarnya bisa dicetak dengan ukuran 10 x 9 inchi sampai 12 x 10 inchi.
Cara Kerja Pengertian Kamera Digital: Kamera Digital ini merupakan kamera yang dapat bekerja tanpa menggunakan film. Si pemotret dapat dengan mudah menangkap suatu objek tanpa harus susah-susah membidiknya melalui jendela pandang karena kamera digital sebagian besar memang tidak memilikinya. Sebagai gantinya, kamera digital menggunakan sebuah layar LCD yang terpasang di belakang kamera. Lebar layar LCD pada setiap kamera digital berbeda-beda.
Sebagai media penyimpanan, kamera digital menggunakan internal memory ataupun external memory yang menggunakan memory card.
Apabila kita mengetahui proses gambar di dalam kamera, maka pada saat melakukan pemotretan kita bisa memperhitungkan dan membayangkan akan seperti apa tampilan atau keluaran dari objek yang akan kita abadikan.
Pada saat kita menekan tombol shutter, maka di dalam kamera terjadi tahapan-tahapan untuk memproses gambar. Meskipun hanya merasakan sekilas saja, namun tahapan yang dilakukan di dalam kamera digital cukup panjang. Hanya saja, proses tersebut dilakukan dengan sangat cepat. Berikut adalah gambaran tentang proses tersebut :
cara kerja Kamera Digital
1.   Lensa menangkap gambar, lalu diteruskan ke bagian panel penangkap gambar. Penangkap gambar atau biasa disebut sensor CCD -yang juga berfungsi sebagai view finder- mengirimkan gambar ke LCD. Sementara pada kamera DSLR, gambar juga dilewatkan ke cermin pantulan yang merefleksikan gambar ke jendela intip (eye finder).
2.   Gambar yang ditangkap oleh lensa, dilewatkan pada filter warna yang kemudian akan ditangkap oleh CCD atau sensor gambar. Jarak antara lensa dan sensor ini dikenal dengan istilah focal length. Jarak ini pula yang akan menjadi faktor pengali pada lensa.
3.    Tugas CCD adalah merubah sinyal analog (gambar yang ditangkap oleh lensa) menjadi sinyal listrik. Pada CCD ini terdapat jutaan titik sensor yang dikenal dengan pixel. Jadi istilah pixel atau megapixel pada kamera digital sebenarnya mengacu pada jumlah titik pada sensor ini. Semakin kecil sensor dan semakin banyak titik sensornya, maka akan semakin halus dan semakin tinggi resolusi gambar yang dihasilkan.
4.    Gambar yang ditangkap oleh sensor CCD diteruskan ke bagian pemroses gambar yang tugasnya memproses semua data dari sensor CCD menjadi data digital berupa file format gambar, serta melakukan proses kompresi sesuai format gambar yang dipilih (RAW, JPEG, dan sebagainya). Di bagian ini selain chipset yang berperan, software (firmware) dari kamera yang bersangkutan juga menentukan hasil akhir gambar. Kedua bagian inilah yang akan menentukan karakter dari kamera digital tersebut. Itulah sebabnya, setiap mereka kamera memiliki software dan chipset sendiri-sendiri pada kamera mereka.
5.    Proses yang terakhir adalah mengirimkan hasil file gambar dalam format yang dipilih ke bagian penyimpanan (storage) atau memory card. Biasanya, memory card berupa SD, CF dan sebagainya.
6.   Tahapan selanjutnya adlah proses yang dilakukan di luar kamera. Namun pada kamera digital modern, masih menyediakan opsi pencetakan langsung yang disebut PictBridge, ExifPrint dan sebagainya. Fitur tambahan.

Kamera Digital berFitur tambahan berupa fungsi pada tingkat software lebih sering kita jumpai, misalnya penambahan frame foto, efek foto seperti sephia, black and white dll. Meskipun efek-efek ini sifatnya hanya sebagai tambahan, namun kadang sangat membantu mengurangi proses gambar pada saat di cetak.
Beberapa fitur tambahan yang sangat berguna adalah backlight, yaitu memotret objek yang membelakangi sinar, white balance, pengenalan wajah untuk pemotretan model serta anti goyangan yang pada setiap kamera memiliki istilah yang berbeda-beda seperti anti shake, Mega OIS, VR (Vibration Reduction), Super steady shot, dan sebagainya.
Beberapa kamera kelas konsumer bahkan sudah dilengkapi dengan program yang secara otomatis mengatur pemotretan untuk event khusus seperti kembang api, pemotretan malam, outdoor, indoor, dan sport.
Selain mengerti komposisi dan teknik fotografi, menguasai perangkat merupakan bagian terpenting dari seni memotret. Bagi seorang fotografer, setia pada satu mereka tertentu sedikit banyak disebabkan karena penguasaan terhadap kamera yang bersangkutan, selain karakter dari kamera yang juga ikut menentukan.
Jadi, bila ingin mencari kamera yang terbaik, maka sebenarnya anda mencari kamera yang cocok dengan karakter dan kebiasaan anda. Jadi percayalah pada diri sendiri, karena hasil akhirnya toh anda juga yang menentukan.
 
3 faktor Penting Memilih Kamera Digital SLR

Kamera SLR digital adalah sebuah contoh dari teknologi yang membuat hidup lebih mudah bagi orang-orang yang ingin melakukan hal-hal seperti mengambil foto. Di masa lalu Anda harus rumit peralatan dan keterampilan untuk mengambil profesional seperti foto, kamera SLR ini melakukannya semua untuk Anda. Ada banyak jenis kamera ini tersedia membuat memilih yang tepat sangat sulit.
Satu fungsi yang sangat berguna, Anda akan ingin untuk mempertimbangkan adalah modus bidikan terus menerus pada kamera SLR. Jika Anda mencoba untuk mendapatkan gambar yang baik tindakan ini adalah cara terbaik untuk melakukannya.
Tentu hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah apa Anda anggaran seperti penyebab kamera ini tidak murah. Jelas, semakin Anda menghabiskan, lebih banyak fitur Anda akan mampu mendapatkan dan kualitas yang lebih baik kamera.
Anda akan menemukan peringkat untuk kamera yang berbeda tersedia dan berbagai pengalaman jujur orang lain memiliki. Cari Forum yang menawarkan sejumlah ulasan untuk Anda untuk melihat daripada hanya sedikit.
Secara umum, kamera ini memberi Anda banyak teknologi maju untuk harga, tetapi hanya Anda yang dapat memutuskan fitur penting bagi Anda. Ide-ide ini 3 akan membantu membuat pengalaman berbelanja Anda lebih mudah.
Kamera SLR digital adalah teknologi baru yang membuat fotografi lebih mudah bagi orang-orang yang suka mengambil gambar. Kamera ini memungkinkan Anda untuk mengambil foto berkualitas tanpa keterampilan canggih masa lalu. Namun, jika Anda mencoba untuk mencari tahu mana kamera untuk membeli, Anda mungkin akan sedikit bingung, dengan begitu banyak varietas untuk memilih dari.
Satu fungsi yang sangat berguna, Anda akan ingin untuk mempertimbangkan adalah modus bidikan terus menerus pada kamera SLR. Jika Anda memotret adegan bergerak apapun, dapat sangat membantu untuk dapat mendapatkan serangkaian foto tanpa harus tetap menekan tombol.
Anda tentu saja akan perlu tahu berapa banyak Anda dapat menghabiskan ketika mempertimbangkan kamera tertentu. Anda tidak akan memiliki masalah mendapatkan semua fungsi dan fitur yang Anda inginkan jika Anda memiliki anggaran yang cukup besar.
Pengguna akan menilai kamera yang didasarkan pada pengalaman mereka sendiri dengan mereka. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang produk ketika ada sejumlah besar ulasan daripada jika hanya ada satu atau dua.
Secara umum, kamera ini memberi Anda banyak teknologi maju untuk harga, tetapi hanya Anda yang dapat memutuskan fitur penting bagi Anda. Panduan di atas pada belanja untuk kamera SLR digital akan membuatnya mudah bagi Anda untuk memilih kamera yang tepat sehingga Anda dapat mulai mengambil foto besar.

Sumber : muhamad aripin

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar anda sangat bermanfaat untuk blog kami dan juga pengunjung blog ini

RECENT COMMENTS