Sabtu, 20 April 2013

Tracking Gunung Kuncung

G9 Basecamp
Dengan mata masih tertutup karena kantuk yang luar biasa, jemari tanganku mencoba mencari dan meraih HaPe jadul kesayanganku N 3310…hehehe…. Betapa kagetnya aku…di layar HaPe aku melihat angka 06.03,…waaah…terlambat sudah…aku jadi nggak sempat lihat sunrise dari ketinggian G9 Basecam. Kata teman-teman yang pernah datang di Basecamp G9 Outdoor & Tracking, pemandangan alam saat sunrise jika diamati dari lokasi tertinggi Basecamp G9 Outdoor & Tracking sangat mempesona sekali…dan aku telah melewati fase itu…apes deh….!!! Maklum…semalam kami dengan ditemani teman-teman dari Tracking Guide G9 Outdoor & Tracking, begadang hingga larut, keasyikan kami ngobrol dengan mengelilingi api unggun sambil bakar jagung muda, membuat kami lupa waktu dan lupa kalau pagi ini ada jadwal kegiatan Tracking ke Gunung Kuncung, yaitu merupakan salah satu Paket tracking yang telah kami pilih dan kami beli beberapa hari lalu melalui e-mail .
Setelah beberapa saat menimati keindahan sinar sang mentari  pagi dari G9 Basecamp dan menikmati secangkir kopi pahit serta beberapa pisang goreng hangat, kami mulai bersiap-siap untuk melakukan tracking menuju Gunung Kuncung.
Sebotol air mineral kemasan 5oo ml telah kami persiapkan, saya dengan beberapa teman satu group Paket Gunung Kuncung, mulai berjalan menyusuri rute yang telah dipetakan dan disiapkan oleh team tracking G9 Outdoor & Tracking.
Berangkat dari Basecamp G9 menuju Gunung Kuncung, kami melewati jalan setapak diantara hamparan petak-petak sawah milik para petani setempat, hijaunya dedaunan tanaman padi, cabe, mentimun, kacang tanah, jagung, tomat merupakan teraphy tersendiri bagi mata kami yang telah sekian tahun lelah terkena asap knalpot mobli, truck, sepeda motor, debu. Rute tracking Gunung Kuncung yang disajikan oleh Team G9 Ouutdoor & Tracking ini sangat mempesona dan menarik, kali ini kami benar-benar disuguhi pemandangan kehidupan alam pedesaan, apalagi keramahtamahan para petani yang selalu tersenyum dan menyapa kami dengan tulus.
Setelah beberapa menit kami melewati hamparan petakan sawah, selanjutnya kami menyeberangi sungai dengan melewati jembatan bambu, pada lokasi ini kami sudah memasuki wilayah perkebunan karet milik salah satu perusahaan perkebunan swasta. Dengan menyelusuri jalan setapak yang sering dilalui oleh para pekerja penyadap karet, diantara rerimbunan dedaunan hijau dari ribuan pohon karet yang tertata rapi, tak terasa kami sudah mencapai Pos I Tracking Gunung Kuncung.
Suguhan minuman air kelapa muda dan buah pisang barlin masak pohon, telah mengembalikan kesegaran tubuh kami, ditambah lagi dengan melihat sekeliling mata memandang yang nampak adalah pemandangan rerimbunan pohon karet yang sangat subur, menjadikan mata kami fresh….dara yang kami hirup begitu segarnya…sampai-sampai kemi lupa dengan kaos yang basah karena racun-racun tubuh yang keluar bersamaan dengan keringat…mantap jaya pokoknya.
Selang beberapa menit kami melepas lelah di Pos I, Tracking Guide G9 Outdoor & Tracking menyemangati kami lagi untuk melanjutkan perjalanan menuju Pos II Tracking Gunung Kuncung. Terus terang saja, karakter para Tracking Guide G9 Outdoor & Tracking yang ramah, santun dan juga kocak adalah salah satu modal kami untuk tetap bersemangat dan bergembira selama dalam perjalanan Tracking Gunung Kuncung ini.
Setelah melewati areal perkebunan karet, kini kami mulai memasuki areal hutan konservasi yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Merubetiri. Kami melewati ladang para penegal yang merupakan mitra Taman Nasional Merubetiri agar areal kawasan hutan Gunung Kuncung ini tetap terjaga kelestarian alamnya. Rute perjalanan yang kami lewati mulai menanjak dengan kemiringan ± 25°, yang mana mulai memaksa kami ntuk meningkatkan semangat agar segera mencapai Pos II Tracking Gunung Kuncung ini.
Tak terasa kamipun tiba di Pos II Tracking Gunung Kuncung,….sejenak kami dibuat terpukau dan kagum dengan keindahan pemandangan alam yang dilihat dari Pos II Paket Tracking Gunung Kuncung ini. Tak bosan-bosannya kami memandangi lukisan alam dari puncak Gunung Kuncung. Yang dipergunakan sebagai Pos II oleh Team Tracking Gunung Kuncung ini tidak lain adalah sebuah gubug sederhana milik Bapak Poniran Kekok, kami beristirahat dan tidak mau kehilangan kesempatan lagi, maka kami memuaskan diri dengan bermain dan hunting untuk sekedar sebagai bahan koleksi pribadi. Lalu teman-teman Tracking Guide G9 Outdoor & Tracking menyiapkan maka siang dengan penyajian secara lesehan. Makan bersama dengan cara lesehan di bawah naungan pepohonan hutan memberikan sensasi tersendiri bagi kami, sehingga menu makanan apapun di suasana dan kondisi seperti ini rasanya akan kami lahap tuntas….hehehehehehe, apalagi minumannya adalah air kelapa muda (degan)….tambah muantap pol mak…! 
Nggak percaya….mending kalian datang sendiri kesini….hehehehehe.
Setelah berpuas-puas diri di puncak Gunung Kuncung dan menikmati kenyamanan gubug Bapak Poniran Kekok, kami mulai berkemas dan mulai tracking menyusuri rute lintasan kembali menuju Basecamp G9 Outdoor & Tracking.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar anda sangat bermanfaat untuk blog kami dan juga pengunjung blog ini

RECENT COMMENTS